Jalan-jalan atau traveling sangat di sayangkan jika kita tidak melakukannya sesekali. Tapi saya bilang negini juga saya juga kurang traveling juga si. Kenapa kurang karena belum dapat waktu yang pas saja. Sesekali setelah pulang bekerja saya ke jakarta karena suatu urusan di dekat wilayah jembatan casablanca.

Biasa saya berhenti dan istirahat di toko Alfangaret. Sekedar membeli minum dan cemilan sambil menunggu. Setelah beberapa kali saya beristirahat di situ, mata saya terfokus pada mesin besar kotak depan pintu masuk. Nah ternyata itu merupakan tempat pengumpul botol plastik yang sudah tidak digunakan. Menariknya jika orang yang beli minum dari toko tersebut dan habis, mereka bisa buang ke dalam kotak besar ini.

Tentunya harus botol plastik yang dimasukkan ke dalam kotak ini ya. Cara kerjanya pertama kita masukkan botol bekas yang sudah tidak di pakai, kalau bisa airnya juga harus sudah habis ni, kalau masih ya jadi PR lagi buat si pengolah botol ini begitu. Masukkan botol plastik kita ke lubang yang nanti akan di sensor oleh mesin tersebut pakah bisa diterima atau tidak. Jika diterima maka botol akan jatuh ke bawah dan kita akan dapat struk via kertas maupun barcode digital dari layar tersebut.

Sebelum kalian masukkan botol seharusnya si kita install apps dulu yang namanya plastic pay di android kita..hehe.. maaf lupa saya

Setelah apps terinstal dan sudah dibuka maka akan ada menu scan barcode, lalu scanner barcode ini digunakan untuk barcode yang bisa kalian pilih dari menu mesin tersebut. Jika lama untuk dan tidak sempat membuka hp bisa kalian cetak melalui mesinnya. Jika kalian mau menunggu dan tidak mau menambah sampah kertas maka bisa mintakan barcode via mesin tersebut agar langsung bisa di barcode di handphone kita.

Selebihnya bisa kalian melihat di link yang ini ya : https://plasticpay.net/

Seketika di daerah jakarta mana saya pernah melihat orang yang membawa kantong belanja tootbag dengan isi yang penuh dan ternyata isinya hanya botol plastik kosong yang mau di masukkan ke mesin palsticpay ini.

Mungkin di bekasi sudah ada dan terealisasikan namun belum merata penyebarannya. Saya harap penyebaran mesin begini bisa di ratakan di setiap minimarket agar saya dan masyarakat luas bisa lebih mencintai lingkungan agar lebih bersih bebas dari sedikitnya sampah plastik yang tersebar. ( will )

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.