GERD ( Gastroesophageal Reflux Disease )

Istilah diatas pastinya jarang banyak orang yang mengetahuinya. Istilah tersebut di gunakan untuk masalah asam lambung namun dengan tingakatan yang lebih berbahaya. Asam lambung yang mengakibatkan mulut penderitanya serasa pahit sekali jika saat bangun tidur dan setiap beberapa saat. Masalah asam lambung diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur dan bisa di derita di zaman ini pada kehidupan milenial, ibu-ibu hamil dan juga bapak-bapak di saat pandemi ini khususnya.

Di zaman ini banyak kebanyakan orang makan dan menjual makanan berminyak dan pedas yang menyebabkan timbulnya gejala GERD. Ada beberapa kasus yang sudah pernah saya lihat di teman saya bahwa dalam menghadapi asam lambung mereka meminum kopi dengan dosis kafein yang cukup tinggi. Setiap hari tanpa kopi bagi mereka tidak bisa. Sering sekali yang dapat memicu GERD berupa kebiasaan ngopi saat perut sedang kosong, jadi buat para kefeinnesti dianjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum ngopi agar GERD tidak muncul.

Beberapa orang mempunyai irama pola makannya sendiri-sendiri. Ada yang satu hari 3x sehari termasuk sarapan, ada yang 2x sehari seperti saya di kos-kos an dan ada pula yang sehari bisa sampai 5x (itu jika saya dirumah.wkkwkwwk) 😛

Pola makan yang berbeda menentukan asupan yang memang harus diperhatikan. Jelas sekali 4 sehat 5 sempurna semaksimal mungkin kita penuhi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika dalam porsi makan yang kalian ikuti namun jam makan terlewat maka lama-kelamaan lcairan asam pada lambung kalian akan meronta dan memakan dinding lambung kalian sendiri.

Memang untuk di umur 20 tahunan gejala GERD belum kalian rasakan namun jika kalian telat terus pada jam pola makan kalian sendiri maka di umur 35 ke atas kalian akan memanen sendiri penyakit yang sudah kalian biasakan akibat pola makan yang tak beraturan.

Gejala GERD sering disamakan dengan penyakit jantung karena efek gejalan nya sama-sama muntah. Dengan muntahan cairan berwarna hijau atau kuning biasanya sering disamakan dengan penyakit jantung yang agak mirip.

Begitulah istilah yang baru saya kenali dan mungkin juga kalian baru tahu semoga dapat dijadikan referensi ilmu untuk selalu menjaga diri dan mencegah gejala seperti ini terjadi pada kita di masa muda dan di masa tua kita semua..aamiin.. ( will )

GERD ( Gastroesophageal Reflux Disease )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top