Mon. Jul 26th, 2021

Sudah hampir sebulan saya tidak berkeringat olahraga. Kebiasaan basket saya yang 2-3 kali seminggu berkurang dan tidak sama sekali dalm kurun hampir sebulan ini. Bagi saya yang sudah mengenal olahraga sejak sekolah dasar membuat saya kaget terkurung lemas setelah pulang dari kantor dan hanya ingin merebahkan badan ke kasur.

Biasanya si joging, tapi setelah ngantor kok malah jadi malas. Nutrisi makan saya juga tidak menentu, kadang siang tidak ingin makan banyak namun malam hari ingin makan hampir dua porsi. Ya elah, gimana saya bisa turun BB gini mah. Sadar bahwa kehidupan saat kuliah sudah berbeda dengan kehidupan saat bekerja sekarang walaupun masih sama ngekos juga.

Olahraga rutin pun minggu-minggu ini terhalang oleh keperluan yang mendadak dan tak bisa ditinggalkan dan kejadian yang di luar kesanggupan. Tidak berolahraga tentu dapat mengurangi kekebalan imun saya ( bagi saya ). Walupun sudah memakan makanan empat sehat lima sempurna tetap saja ada yang kurang jika keringat jahat kita tidak dikeluarkan. Harus jangan sampai tidak keringat jahat itu dibuang melalui kegiatan fisik yang keras agar keringat keluar dan mengeluarkan zat tak berguna bagi tubuh.

Walaupun kegiatan olahraga saya kurang maksimal, namun saya punya kegiatan yang cukup untuk menggerakkan badan agar tidak kaku. Kegiatannya ya seperti anak kos yang lain seperti mencuci piring setiap harinya, mencuci baju per dua hari sekali, menyetrika baju se mood nya (hehe), dan sekarang tambahannya ya bermain dengan kucing. Kenapa bermain dengan kucing ?

Jadi begini, karena kos saya dihuni oleh beberapa orang dan salah satunya ada yang dihuni oleh perempuan-perempuan yang hobinya suka memelihara kucing. Ada yang memelihara dari dia kecil yang berasal dari induk kucing yang meninggalkan anak kucingnya di dekat kos kami jadi alhasil dirawatalah kucing tersebut sampai besar. Perempuan yang satu nya memelihara kucing pemberian dari perempuan sebelumnya yang sudah memelihara kucing. Karena alasan tersebut maka banyak juga kucing liar yang sering mampir ke kos kami dan bermain dengan kami. Saya mah memang suka sama kucing tapi kalau disuruh untuk memelihara kucing dari nol saya up dulu deh.

Saya hanya bisa memelihara kucing yang sudah terlatih dan mengerti bahasa manusia atau yang penurut. Ada yang sudah terbiasa dengan anak kos di kami sampai-sampai saya heran suatu hari saya buka pintu pintu di pagi hari setelah subuh. Jika si Jessica kucing induk besar tidur di area kos mendengar pintu kamar ada buka maka akan masuk ke kamar tersebut dan langsung ke arah kamar mandi dan buang air kecil sendiri di lubang kloset. Waw baru kali ini saya lihat sendiri kucing liar sudah sangat menjadi penurut sekali dengan orang yang merawatnya. Namun walaupun sudah jadi penurut saya belum berani membebaskan kucing-kucing di kos tersebut tidur bareng di dalam kamar. Takut ada benda yang tercemar virus saat disentuh kucing saat kucing bermain di luar area kos.

Kucing kepunyaan teman perempuan di kos saya memang mereka rawat sampai dibawa ke dalam kamar dan tidur di kamar mereka, tapi jika kucing liar yang penurut hanya diperbolehkan tidur di luar kamar seperti di karpet depan begitu.

Setelah sekian lama sejak saya joging, akhirnya sore setelah pulang kerja pun saya tekadkan untuk memulai joging kembali. Secara tidak sengaja walaupun hanya lari kecil dan baru pertama kali memulai joging kembali, saya dapat menempuh 7 putaran di taman bekasi kota (dekat gor bekasi) tanpa berhenti. Sebuah tekad yang membuahkan hasil bagi saya walaupun itu membutuhkan 20 menit lebih untuk menempuh 7 putaran tersebut. Di akhir putaran 8 maka saya akhiri dengan berlari kencang sekalian ke arah motor yang saya parkirkan dan menghela napas kecapean. Point penting untuk pemula yang suka joging memang harus diingat seperti pemanasan jelas harus ada, lari kecil lebih dahulu di sarankan daripada lari kecang, jika sudah selesai joging jangan langsung duduk tapi kiata berjalan kecil sedikit demi sedikit untuk menghilangkan napas yang tersengal-sengal akibat jantung yang memompa darah dengan cepat, jika sudah stabil boleh kita meminum air dengan pelan agar peredaran darah kembali lancar dan menjadikan kita segar kembali. Pengalaman saya yang jarang sakit kepala, suka joging tapi saat saya bermain basket dulu satu game kepala saya mendadak pusing dan menyebabkan saya tak sadar diri. Sampai kini pun saya belum tahu itu karena apa. Walaupun sudah memeriksakan diri, dokter hanya bilang tekanan darah saya normal dan HB saya normal, jadi apa yang sedang dialami saya dulu itu ??

Aktivitas olahraga seperti joging bisa sangat membantu kita menstabilkan proporsi tubuh kita dan melancarkan peredaran darah yang seperti olahraga lain. Harus saya rutinkan setiap pulang kerja ini dan semestinya bisa jadi weekend memang dipakai untuk istirahat di kos dan lainnya. Saya harap saya juga bisa berolahraga dengan semua anggota team di markas PS agar kita sama-sama sehat dan dapat membuat kita lebih semangat karena menurut ahli kesehatan pun olahraga itu memproduksi zat endorfin yang membuat seseorang itu merasa mood better jika di lakukan olahraga dengan rutin.

Jelas kita masih di pandemi corona.
Jelas kita masih harus bekerja dan menyambung hidup.
Makadari itu jangan lupa untuk berolahraga guys walaupun hanya satu minggu sekali per hitungan minimalis . ( will )

By willy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *