Mon. May 10th, 2021

Lanjut lagi pembelajaran kita ya teman-teman.

Untuk artikel kemarin yang saya bahas hanya sampai pembuatan paragraf dalam web buatan kita yang sedang diuji cobakan ya. Sekarang masih sama di halaman web buatan kita lalu kita coba memberi nama pada perintah <title>Tulisan</title> yang tertera di situ. Bisa kalian tulis di tempata saya tuliskan kata “tulisan”.

Setelah kalian menambahkan title maka halaman web kalian dapat di restart untuk dapat menampilkan hasilnya. Hasil dari menambahkan title tersebut berupa nama tab yang ada pada halaman web yang kalian buat.

Menambahkan nama tab untuk web sudah sekarang kita tambahkan headline di antara perintah <body></body> dengan perintah :
<body>
<h1>
<h2>
…..sampai <h6> (tergantung kalian akan membuat berapa heading nya ya)
</body>

Nah kenapa saya tuliskan h1 dan bisa juga sampai h6 itu karena h1 itu mempunyai tulisan heading yang besar dan sampai h6 itu tulisan heading yang paling kecil. Biasanya heading yang besar atau h1 itu di ibaratkan “Judul artikel” dalam sebuah halaman. Lalu di setiap kalian membuat hesdline pastinya di bawahnya harus disertai dengan paragraf yang menjadi isi dari heading tulisan yang kalian akan tulis dengan perintah begini :
<body>

<h1>Judul artikel</h1>
<p>isi tulisan</p>
<h2>sub judul</h2>
<p>isi sub judul</p>

</body>

Sudah tahu ini untuk pembuatan headline nya tadi ya, sekarang kita lanjut menambahkan list pada html teman. Untuk perintah membuat list di html ada tiga macam ni seperti : <ol></ol>, <ul></ul> dan <dl></dl>. Perintah <ol> berati “order list”, <ul> berati “unorder list” dan <dl> itu berarti “definisi list”.

Pada penulisan list tersebut jangan lupa hal yang mendasar yaitu perintah <li> yang artinya “list item”. Pada pembuatan list <ol> dapat diterapkan dengan perintah seperti ini :

<h2 atau h3></h2 atau h3> (bisa pilih salah satu saja ya antara h2 dan h3 agar penulisan tidak majemuk)
<ol>
<li> ayam goreng</li>
<li> bakso</li>
<li> tongseng</li>
</ol>

Perintah <ol> juga ada type pengunaannya lho..
untuk <ol type =”1″></ol> atau menggunakan <ol></ol> biasa ini merupakan type default dari list item yang digunakan untuk list item dengan numbering. Kemudian perintah : <ol type =”A”></ol> digunakan jika kalian ingin menggunakan huruf alfabet besar. Untuk perintah ini : <ol type =”a”></ol> digunakan jika kalian ingin menggunakan huruf alfabet kecil. Lalu perintah yang : <ol type =”I”></ol> digunakan jika kalian ingin menggunakan huruf romawi besar begitu juga dengan yang romawi kecil menggunakan huruf “i” untuk tandanya.

Kemudian perintah <ul> merupakan tanda yang sama dengan <ol> namun jika di tulis maka list item hanya akan berupa gambar dot item kecil yang menjadi daftar list item nya.

Terakhir dari pembuatan list ada perintah <dl> atau definisi list yang isinya ada definisi termin dan definisi deskripsi dengan perintah <dt> itu “definisi termin” dan <dd> “definisi deskripsi” jika di contohkan dalam visual studio code :

<h3>Pembelajaran Program</h3>
<dl>
<dt>latar belakang</dl>
<dd> deskripsi</dd>
<dt> Pendahuluan </dt>
<dd> deskripsi </dd>
</dl>

Lanjut ya ke part selanjutnya saatnya istirahat dulu.hehe.. ( will )


By willy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *