Mencoba praktek HTML untuk pemula part 1

Seringnya saya upload tulisan saya lewat wordpress yang biasa ditulis dan saya upload setiap artikel yang baru di medsos, entah di FB maupun di medsos yang lain.

Pertama kalinya saya mempelajari html, css, js memang sedikit terkejut bahwa halaman web bisa di buat dengan ketiga istilah tersebut. Dengan prinsip bahwa tepat kerja baru membutuhkan keterampilan skill yang baru, maka saya harus mempelajari ini agar sedikit demi sedikit tahu dan familiar dengan pengetahuan yang baru ini.

Bagi kalian yang belum tahu apa yang saya pelajari, saya berikan sedikit penjelasannya agar kita sama-sama belajar ya.hehe..

Pertama yang saya butuhkan berupa link yang relevant untuk mempelajari ketiga istilah tersebut. Dengan bantuan link dari teman-teman kantor saya, saya dapat memulai pembelajaran tersebut. Dimulai dengan menginstall visual studio code. Hanya berkisar puluhan MB saja.

Namun untuk itu saya keep dulu. Hal pertama yang akan saya bahas merupakan aplikasi m1mo yang dapat membantu saya sedikit demi sedikit memahami bahasa pemrograman.

Agar ilmu yang saya dapatkan lebih bermanfaat, maka saya sarankan saja untuk saya tulis exercise sekaligus untuk reminder saya jika terlupa.hehe..
Sebelum masuk ke m1mo kalian harus tahu terlebih dahulu istilah HTML, CSS, dan Javascript lalu istilah pada command yang ada pada saat kita praktik sederhana dari ketiga istilah tersebut.

Istilah pertama yaitu HTML ya, diambil dari kata Hipertext Markup Language yang merupakan sebuah bahasa tanda yang dibuat untuk membangun struktur untuk sebuah konten di web. Jadi lewat tanda yang ditulis di visual studio code maka pada web buatan kita yang sederhana bisa menampilkan tampilan yang lain dari kata-kata yang di tulis di lembar html pada visual studio code.

Untuk membuat lembar web sederhana html kalian memerlukan command seperti berikut :

<!doctype html>
<html>
<head>
<title></title>
</head>

<body>

</body>
</html>

Pada struktur diatas, merupakan struktur awal dari sebuah konten web yang berisi Judul yang di buat dengan struktur <head>. Kenapa ada tanda yang berkata sama dan ditambahi tanda “/ (slash)”, itu merupakan tanda pelengkap jika kita akan menuliskan kata untuk konten dipastikan harus ada tanda penutup yang ditandai dengan slash.

Selanjutnya, jika kita akan menambakan teks paragraf harus ada di dalam konten <body>
misal seperti ini :
<body>
<p>teks yang di inginkan</p>

Untuk selanjutnya akan kita lanjutkan pada sesi yang selanjutnya ya dan masih dengan HTML, see you guys. ( will )

Related Posts

One thought on “Mencoba praktek HTML untuk pemula part 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *