Tue. Dec 1st, 2020

Hari senin tanggal 12 Oktober 2020 merupakan salah satu hari yang penting bagi sebagai PIC Training. Hari senin dengan semangat yang baru di mulai dengan bangun pagi dan berolahraga squat dan angkat barbel satu kilo berulang kali sampai 200 kali.

Persiapan alat training sudah di siapkan dari beberapa hari yang lalu dari audio nya yang belum sesuai, entah itu audio yang selalu di coba menggunakan microphone eksternal agar suara jernih tanpa ada suara krik tambahan. Kedua kalinya training online zimbra dilakukan dan kali ini kami mendapatkan kesempatan untuk mengajar training pada sebagian staff LKPP Jakarta.

Di mulai dari penawaran yang kami kirimkan sesuai permintaan mereka. Detailnya tentang layanan training kami ditanyakan secara rinci oleh salah satu staff nya bernama Pak A. Seperti klien yang lain yang meminta dieditnya kembali untuk menyeimbangkan dengan budget. Pada sisi penawaran, mereka meminta adanya merchandise dengan budget yang dirasa cukup membuat saya bingung akan di berikan barang merchandise seperti apa nantinya.

Setelah lama berdiskusi dengan team sales, team training dan Pak Boss akhirnya merchandise pun terbeli dengan harga di bawah goucap yaitu usg flasdisk merk

Training online kali ini kita menggunakan peralatan yang cukup rumit.

Beberapa barang yang di siapkan :

  • Microphone eksternal
  • Camera EOS 200D
  • Headset
  • Tripod camera
  • Whiteboard

Menyiapkan persiapan training online dari jam 7.15 sampai 09.00. Lalu di jam 09.00 saya pun menginformasikan kepada tim LKPP yang menjadi peserta training di grup yang sudah saya buatkan.

Terjadi miss pada awal awal training dari pihak sana. Buku modul yang mereka dapatkan untuk training malah ada yang belum dapat karena saat paket kit training datang ke kantor mereka, mereka sudah terlanjur pulang dan melakukan WFh saat hari seninnya.

Namun dapat di antisipasi dengan menggunakan share screen pdf modul pada mereka saat zoom. Training online ini akan di instrukturi oleh Mas Dhenandi selaku manager tim support yang sering mengajarkan training zimbra selain Mas Ahmad.

Dalam training saat ini saya sebagai cameramen dan moderator training agar dapat melihat kekurangan dan kelebihan pada saat training berlangsung. Di saat-saat tertentu saya harus siap menyalakan camera untuk melakukan demonstrasi live saat di whiteboard.

Setiap hari dari pukul 09.00 – 16.00 atau dapat kondisonal tergantung dari penyampaian materi untuk hari tersebut.

Setelah selesai training sorenya yang biasanya saya pulang tepat waktu, saat training berlangsung mungkin saya selalu pulang malam untuk menunggu convert video zoom menjadi file dan itu dapat membutuhkan waktu 2 jam lebih.

Nikmatnya bekerja sampai malam dan pulang di malam hari. Setelah bersih2 pun saya kadang belajar kembali atau lebih tepatnya mereview pekerjaan saya saat ada di kantor sampai saya pun terlelap tertidur dan kadang lupa untuk makan malam. Saya merasa bersyukur jika saya lebih dapat berguna untuk tim karena mengingat saya merupakan pembelajar baru dari dunia pendidikan ke dunia pendidikan teknologi yang baru saya pelajari sampai saat ini. (will)

By willy

One thought on “Moderator dan Cameramen”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *