117 juta+ total email terkirim, dengan rata-rata 200 ribu email per hari dan 1.5 juta email per minggu, itulah jumlah statistik salah satu layanan utama di Excellent yaitu layanan Excellent SMTP Relay : https://www.excellent.co.id/smtp. Meski belum sebesar jumlah statistik sendgrid, mandrill, sparkpost dan layanan sejenis diluaran, jumlah statistik pengiriman email ini terus bertambah setiap harinya.

Layanan Excellent SMTP Relay berfungsi sebagai server relay/penerus email dari klien yang ditujukan pada pihak eksternal. Layanan ini juga bisa digunakan untuk pengiriman transactional email, mail blast, customer notification, email tagihan dan lain-lain.

Pengguna layanan ini terdiri dari berbagai latar belakang, antara lain :

  1. Pengguna layanan Excellent Managed Services Mail Server. Untuk meningkatkan kualitas dan performa sistem, kami memisahkan layanan SMTP routing ke eksternal termasuk layanan anti spam agar spesifikasi sistem secara penuh digunakan untuk layanan email
  2. Klien yang IP public-nya terkena blacklist pihak tujuan
  3. Klien yang hanya punya IP dynamic
  4. Klien yang terkena limit pengiriman email oleh pihak ISP
  5. Klien yang capek karena email terkadang tidak sampai ditujuan dan tidak diketahui penyebabnya
  6. Klien yang sebel karena email yang dikirim malah masuk ke folder spam di pihak tujuan
  7. Klien yang ingin menyembunyikan posisi server mereka atas pertimbangan keamanan sistem. Port-port yang dibuka dibatasi hanya untuk IP tertentu, misalnya port incoming hanya diperbolehkan untuk email yang berasal dari layanan anti spam Excellent, port 25 outgoing diblock dan koneksi ke server SMTP Excellent diset menggunakan port yang tidak umum
  8. Klien yang ingin mengirimkan email transactional atau email blast dengan cepat, mudah dan relatif murah

Bagi yang tertarik ingin menggunakan layanan Excellent SMTP Relay untuk mengatasi kendala yang dialami diatas, silakan meluncur ke : https://www.excellent.co.id/smtp

Leave a Comment