Bekerja di tempat yang baru dengan posisi pekerjaan yang berbeda dari pengalaman pendidikan dan pekerjaan sebelumnya merupakan tantangan besar untuk seseorang keluar dari zona nyaman yang membelenggu setiap individu.

Selama 7 tahun berkutat pada dunia pendidikan, sekarang saya arahkan hidup saya ke pekerjaan yang lain dengan posisi sebagai “PIC Training & Publishing”.

Sempat bingung memang di awal-awal bulan, namun jika kita fokus untuk mengerjakan maka kita bisa adaptasi dengan baik jika kita barengi dengan niat yang baik.

Perkembangan yang saya dapat setelah beberapa bulan di pekerjaan yang baru, saya menemukan tempat-tempat yang berguna untuk keperluan kantor dan masih harus saya kembangkan lagi penyelusuran setiap lingkungan di kota saya bekerja.

Begitu juga sistem kegiatan saya yang harus saya lebih atur kembali untuk menyeimbangkan kegiatan saya di kantor dan di lingkungan tempat tinggal saya. Salah satu perkembangan yang saya ikuti juga dengan mengikuti training linux fundamental yang ada di kantor saya sendiri.

Pemakaian Linux di kantor saya merupakan bagian pekerjaan yang harus di dalami dan di kuasai. Karena basic nya jadi mau tidak mau saya harus mengikuti.

Pembelajaran yang masih nol bagi saya, karena selama 10 tahun yang sudah saya pelajari merupakan basic windows dan itu pun masih banyak feature-feature yang masih saya pelajari.

Dalam Linux tampilannya tidak jauh berbeda dengan windows, namun saya menilai sepertinya tampilan desktopnya lebih baik dari windows, seperti ini :

Dalam pengoperasiannya juga tidak terlalu sulit. Dalam operasi linux kita pakai aplikasi putty yang bisa kalian download di google, namun jika saya pakai mac sudah terinstal dalam bawaannya.

Untuk pembelajaran yang pertama yaitu untuk masuk dalam server buatan yang di buat oleh server utama dengan password dan username yang sudah di buatkan.

Kemudian cara mengecek lokasi folder user yg kita pakai di home ubuntu dengan mengetik command : ~$ pwd/home/ubuntu lalu enter , seperti ini :

Perintah di atas juga menerangkan jika kita ketik command : ~$ ls lalu enter maka akan muncul file yang berada di server home saya sendiri seperti desktop, dokumen, download, sampai file akhir willy.

Selain itu ada juga command : ~$ cd . . lalu enter yang akan membawa saya kembali ke server home ubuntu. Lalu saya mencoba membuat file txt dalam salah satu file di dalam server saya dengan command : ~$ touch /home/ubuntu/willy/test.txt lalu enter. Jika sudah bisa kita lihat dengan command :~$ ls willy/ lalu enter maka akan terlihat seperti di atas.

Sekarang saya akan belajar cara copy paste dari file server orang lain ke file server saya dengan command : ~$ cp dhenandi/test.txt willy/copy-dari-dhenandi.txt lalu enter. seperti gambar di bawah :

Selain itu saya juga di ajarkan tentang mengubah server dengan numerik dan huruf namun saya lupa mendokumentasikan untuk command nya jadi saya agak lupa.hehe..

Untuk pembelajaran yang selanjutnya akan saya ikuti raining zimbra mail server semoga saja akan menambah ilmu saya dalam pekerjaan saya nanti. (will)

2 Thoughts to “Training Linux Fundamental”

  1. mas, coba ikut kursus linux di geek university
    gratis, tapi bahasa inggris

    1. willy

      sudah ci tapi belum saya lanjut lagi.hehe

Leave a Comment