Mon. Sep 21st, 2020

Semua masyarakat jelas menyukai yang namanya alunan musik dari sebuah nada maupun dari sebuah lagu yang di ciptakan.

Dari berbagai jenis musik, seperti dangdut, pop, reaggae, jazz, campur sari, blues, musik islami (yang berisikan lantunan sholawat dan menagungkan Allah) selalu disukai oleh kalangan-kalangan masyarakat.

Kecenderungan musik di daerah pedesaan seperti dangdut, tarling, gamelan jawa, campur sari dan musik lainnya yang bersifat sendu. Karena saya mempunyaikeluarga yang ada di daerah pedesaan maka biasanya di perdengarkan seperti musik-musik yang sering diputar para penduduk desa namun kadang juga mereka menyukai kesunyian dengan suara jangkrik dan angin yang berhembus.

Di perkotaan cenderung orang senang dengan musik yang ngebits atau mempunyai nada yang getaran bass yang besar seperti : musik DJ, pop, rock, jazz, blues dan musik lainnya yang bernada keras.

Memang tidak semua orang menyukai musik atau kurang suka dengan musik dengan alasan mereka bisa lebih fokus tanpa musik dan senjata fokus mereka yaitu tempat nyaman dan tenang.

Bagi saya musik seperti teman yang dapat menggantikan saya saat tak ada orang yang menyemangati saya secara langsung untuk membuat motivasi dalam diri untuk lebih bersemangat dalam suatu keadaan senang dan sedih.

Bagi yang mempunyai rasa emosional yang berlebih, kemungkinan akan berakibat terbawa ke perasaan yang mengakibatkan slow nya pemikiran semangat yang tertunda.Cara kerja musik masuk dalam pemikiran kita sehingga menjadi relaksasi bagi pikiran :

Cara kerja musik untuk dapat memotivasi jiwa manusia memang sederhana :

Pertama, nada yang ditangkap oleh daun telinga akan diteruskan ke gendang telinga yang menyebabkan gendang telinga bergetar.

Kedua, gendang telinga yang bergetar akan mengguncang koklea atau rumah siput yang di dalamnya ada cairan yang bisa menyalurkan cairan tersebut ke otak yang menjadi gelombang suara yang akan ditangkap ke otak agar dapat di realisasikan pada otak.

Ketiga, jenis suara yang berbeda juga akan dibedakan oleh otak. Jika musik seperti banyak nada bass nya ( ngebitz ) berati gelombang suara yang di terima oleh otak akan semakin besar dan menyebabkan gelombang kejut bagi otak manusia yang menjadikan saraf otak manusia terbangun. Namun jika yang di tangkap itu suara yang slow dan mellow jelas gelombang suara yang dihasilkan kecil dan hnya membuat otak tenang dan akhirnya malah mengantuk.

Memang musik teman saya seperti pemberi semangat, namun teman jangan kalian terlalu terbujuk oleh musik karena kita sebagai orang islam mempercayai semangat, keaaiban. dan tekat dapat kita raih melalui kita selalu berzikir dan berdoa pad Allah SWT. Berwudlu, solat, dan berdoa merupakan salah satu alternatif yang bagus untuk mengurangi kantuk dan menumbuhkan semangat tersendiri dalam diri kalian.( will )

By willy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *