Mon. Sep 21st, 2020

Experience yang pertama kali menggunakan MacOS Catalina memang terkejut karena yang saya incar untuk aplikasi pengeditan Photoshop. Pertama penggunaan Mac memang saya belum baca secara detail tentang MacOS Mojave, namun karena anjuran beberapa teman alhasil saya update kan MacOS saya pada Catalina.

Setelah seharian update akhirnya saya mencoba untuk install aplikasi Photoshop dimana aplikasi tersebut sangat berguna bagi pekerjaan saya. Memang tidak hanya Photoshop yang bisa menyediakan fitur pengeditan template dan sertifikat. Terdapat Inkspace, Coreldraw, Afinity Photo, dan banyak lagi jenisnya.

Kemudian saya instal lah aplikasi Ps lalu mundul pemberitahuan yang menyatakan bahwa apikasi Ps tidak bisa di masukkan dalam aplikasi dalam MacOS Catalina. Ukuran download yang besar memang tidak lama dalam mendownload namun waktu untuk download dan install membuat saya rugi beberapa menit untuk pekerjaan saya yang lain.

Membuat saya pusing karena beberapa kali diinstal tidak bisa. Cobalah saya yang trial namun juga tidak bisa. Alhasil dalam keadaan yang genting akhirnya saya memakai Netbook yang lama saya untuk melakukan peekerjaan saya yang bersifat mengedit sertifikat.

Dikarenakan netbook saya juga bermasalah pada Font dalam Ps yang membuat saya tidak bisa edit di bagian tertentu akhirnya saya meminjam Mac teman saya beberapa kali untuk menyelesaikan pekerjaan saya yang berkutat pada pengeditan.

Mencoba aplikasi lainnya sembari masih mencari alasan kenapa Ps tidak support pada Catalina. Belum sempat untuk mempelajari aplikasi lain secara detail pekerjaan saya yang lain menunggu untuk saya pelajari.

Sebuah titik terang akhirnya ditemukan, dalam penggunaan Mac selama satu bulan lebih mengahdirkan update MacOS Catalina yang baru dan saya pun ikuti update nya. Hasil dari update baru itu memberikan saya akses instal Ps untuk Mac. Saya cari file dengan ekstrak atau bisa dibilang aplikasi yang freenamun tidak ditemukan. Mencoba iseng pada website www.adobe.com dan mendownload yang trial, padahal saya sudah tahu bahwa trial itu saat di instal tidak bisa ( proses downloadnya mati ).

Namun suatu berkah bagi saya yang trial dapat saya instal walapun hanya free 7 hari. Dengan adanya trial 7 hari memang agak kurang lama namun dengan itu saya sedikit terbantu untuk masalah pekerjaan saya untuk mengedit. Walaupun begitu saya masih tetap mencari yang free dan yang menggunakan crack agar dapat free tanpa susah payah setiap kali instal dan non instal. ( will )

By willy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *