Mencoba praktek HTML untuk pemula part 4

Lebih semangat teman-teman untuk hari ini. Di sela-sela kewajiban kita beribadah beribadah puasa dan beribadah bekerja, perlu bagi kita menyisihkan waktu kita untuk selalu membaca sebuah artikel atau bacaan yang bermanfaat bagi kalian yang berguna untuk membangun motivasi teman-teman

Pembahasan dasar tentang html masih lah berlanjut ya teman, kali ini kita akan membicarakan html kembali dengan tema table merging, form dan form lanjutan ya. Kemarin sudah kita bahas tentang dasarnya table dan kita akan mencoba menyisipkan table maerging tersebut dalam laman web kalian. Segera buka web buatan kalian dari visual studio code dan segera kalian praktekkan ya. Jika ada kesalahan bisa kalian tanyakan dan comment kembali ke saya agar artikel saya dapat saya update kan sesuai case yang terjadi dengan teman-teman.

Dalam pembahasan table merging terdapat dua istilah yang akan kita bahas yaitu colspan dan rowspan.
Colspan merupakan atribut yang digunakan untuk menggabungkan 2 atau lebih kolom dalam garis horizontal dan rowspan merupakan atribut yang digunakan untuk menggabungkan 2 atau lebih garis dalam garis vertikal.

Contoh tabelnya begini teman :

Nah jika tabelnya begitu berati kita bisa sesuaikan instruktur penulisannya di visula studio code nya seperti :

Nah sekarang kita bahas tentang form ya teman. Form merupakan salah satu atribut yang digunakan dalam tabel yang digunakan. Biasanya ada form login, form check box ataupun yang ada pada setiap website.

Kami gunakan contoh form login dan check box nya seperti dibawah ini ya struktur html nya :

Untuk real nya struktur tersebut akan berbentuk seperti ini :

Mari kita teruskan ke tema Form lanjutan tentang pembuatan form yang lebih komplek ya teman.
tema berikut merupakan pembahasan form dengan menggunakan text-area dengan struktur html nya seperti ini :

Jika dilihat real nya maka akan seperti :

Nah, kita sudah belajar tentang html dasar yang bisa kita coba dengan sendirinya agar kita dapat menampilkan halaman html buatan kita sendiri untuk proses pembelajaran dasar kita. Untuk pertemuan berikutnya mari kita belajar dasar tentang css ya agar kita belajar memanipulasi dan menghias halaman html buatan sendiri dengan usaha sendiri. Oke see you guys untuk kedepan. ( will )

Related Posts

2 thoughts on “Mencoba praktek HTML untuk pemula part 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *