Mon. Sep 21st, 2020

Rasa rindu pada kampung halaman memang sifat yang dimiliki orang dari perantauan. Mereka selalu berharap setiap waktu luang yang mereka punya disempatkan untuk bertemu saudara dan keluarga mereka yang ada di sana.

Salah satunya saya yang belajar untuk mencari rezeki di kota lain. Saya berasal dari kota Brebes, kota yang dikenal dengan sebutan Kota Bawang atau Kota Telur asin. Alasan kenapa kota saya disebut seperti itu karena memang produk tanaman bawang dan produk telur bebek yang cukup melimpah membuat orang yang berkunjung di kota saya merasa tertarik.

Jika kalian yang pernah ke kota Brebes pasti pernah merasakan kedua produk Brebes itu dan emang rasanya memang berbeda dengan produk kota lain.

“Kok berbeda?, kenapa?”

Yahh masalah dengan rasa itu hanya bisa dijelaskan dengan pendapat dari orang luar Brebes yang merasakan tentunya.

Sebetulnya tidak hanya dua produk itu saja yang membuat Brebes terkenal, ada tiga makanan yang menurut orang dari luar Brebes pun ikut terbujuk untuk merasakannya, seperti makanan berikut :

  1. Sate Blengong
sate blengong

Tahukah anda blengong?

Saya yakin pasti banyak yang belum tahu tentang hewan ini. Hewan ini perkawinan dari bebek dan entok (hewan sejenis bebek namun memiliki tubuh yang pendek namun gemuk) dan hasilnya akan menjadi yang namanya hewan blengong.

Makanan ini termasuk makanan mewah di Brebes karena produksi hewan blengong ini memang sulit untuk di kembang biakkan. Jadi kenapa harga makanan ini agak terbilang mahal walaupun dijual di pinggir taman Alun – Alun Brebes.

2.Ketan Pencok

Ketan Pencok ( Bumiayu Brebes )

Makanan berkarbohidrat tinggi yang mempunyai rasa manis dan gurih pada nasi yang di padatkan menjadi ketan ( bahasa sana ) dengan tambahan bumbu manis yang membuat orang ketagihan untuk menyantapnya.

Dengan harga yang terjangkau, makanan ini sayangnya banyak di produksi di kebupaten brebes yaitu Bumiayu ( di daerah selatan ) dan jarang ada di daerah Brebes manapun.

3. Soto Tauco Brebes

Soto Tauco

Kenapa saya tulis Soto Tauco Brebes karena di sepanjang pantura dari Brebes ke arah Tegal itu memiliki Soto Tauco khasnya orang kota tersebut.

Apa itu tauco? itu semacam bumbu spesial yang dibuat dari campuran kacang dan sambal yang aromanya membuat orang menyantapnya walaupun perut sudah kenyang.

Di taman Alun-Alun Brebes terdapat restoran soto tauco yang sudah dianggap melegenda sejak dibangunnya Alun-Alun Brebes, beliau sudah menjajaki warung soto di sana sampai sekarang diteruskan oleh generasi – generasinya.

Begitulah kota ku Kota Brebes, mempunyai ciri khasnya terutama pada kuliner yang selalu saya rindukan setiap saat. ( will )

By willy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *